Tuesday

Buka dan Sahur Bersama

Bagi Anda yang terlilit kesibukan dan sering kali mengabaikan pentingnya makan bersama, mungkin bisa lebih sering makan bersama pada bulan puasa ini.

Manfaatkan sahur dan buka puasa sebagai ajang untuk lebih mempererat hubungan antarkeluarga. Sosiolog keluarga dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Dr Erna Karim M.Si mengatakan bahwa momen buka puasa dan sahur bersama adalah momen yang tepat untuk makan bersama.

Berbuka dan bersahur apabila dilakukan bersamasama juga merupakan sunah rasul. Untuk menciptakan suasana yang berbeda, buka puasa misalnya bisa dilakukan di luar rumah. Anda bisa memilih restoran langganan Anda misalnya. Ciptakan obrolanobrolan ringan saat berbuka maupun sahur agar komunikasi pun tidak tegang dan suasana menjadi menyenangkan.

Selain itu, dikatakan Erna, penanaman nilai agama pun bisa dilakukan saat buka dan sahur. Misalnya cerita tentang khasiat buah kurma. Anda bisa juga menceritakan pengalaman hari itu saat menjalankan puasa, atau si orangtua yang menceritakan betapa bahagianya saat menjalani puasa waktu kecil.

Dari sana, anak bisa lebih kuat keinginannya untuk melakukan puasa dengan pengalaman yang tidak kalah seru dibandingkan dengan pengalaman orangtuanya.
Penanaman agama tidak hanya dilakukan pada anak yang sudah besar, justru anak yang berada di bawah 10 tahun perlu ditanamkan pendidikan mengenai agama, terutama tentang puasa pada saat makan bersama

0 komentar:

Post a Comment