Monday

Belum 5 Menit

Memungut lagi makanan yang tiba-tiba terjatuh menjadi kebiasaan banyak orang. Sampai-sampai di Indonesia ada istilah 'Belum 5 Menit' yang seolah-olah kalau cepat-cepat dipungut kuman tidak akan menempel. Kebiasaan ini juga terjadi di luar negeri yang biasanya mengatakan 'Belum 5 Detik' atau yang dikenal dengan '5-second rule'.

Tapi benarkan jika makanan yang terjatuh kemudian cepat-cepat dipungut dijamin tidak ada kuman yang menempel. Ternyata menurut para ahli, makanan yang jatuh ke lantai mudah sekali terkontaminasi oleh bakteri atau virus yang ada di lingkungan tersebut bahkan sebelum 5 detik.

Bakteri bisa masuk ke dalam makanan yang jatuh ke lantai dengan cepat, bahkan ada yang kurang dari 5 detik makanan tersebut sudah terkontaminasi. Tipe bakteri yang mengkontaminasi tergantung dari bakteri apa yang hidup di lingkungan tersebut, dan biasanya menyebabkan sakit.

Ada dua fakta yang harus dipertimbangkan sebelum mengambil kembali makanan yang telah jatuh ke lantai, seperti dikutip dari Kidshealth:
  1. Lantai yang bersih, tidak seutuhnya bersih. Meskipun lantai terlihat bersih, tapi lantai yang kering juga bisa mengandung bakteri. Lantai yang baru dicuci mungkin akan terlihat bersih, tapi tidak akan tahu apakah alat yang digunakan untuk membersihkannya tidak mengandung bakteri. Meskipun menggunakan pembersih lantai yang terbaik, bakteri tetap bisa tumbuh atau ada di lantai bahkan setelah lantai dibersihkan.
  2. Cepat itu lebih baik, tapi mungkin tidak cukup cepat dibandingkan bakteri. Meskipun potongan makanan tidak lama berada di lantai, tapi bakteri bisa dengan cepat mengkontaminasi makanan tersebut. Jadi, makanan apapun yang kontak dengan lantai akan terkontaminasi jika kondisinya memungkinkan. Selain itu, makanan yang basah seperti potongan buah atau kue akan lebih mudah terkontaminasi oleh bakteri.
Beberapa bakteri mungkin tidak berbahaya bagi manusia, tapi beberapa bakteri yang lain bisa mendatangkan penyakit bagi manusia seperti diare. Meskipun makanan tersebut tidak terlihat kotor, tetap saja berbahaya bagi orang yang mengkonsumsinya.

Jadi, makanan apapun yang Anda konsumsi jika jatuh ke lantai, segera buang ke tempat sampah. Karena Anda tidak pernah tahu bakteri apa saja yang telah mengkontaminasi makanan tersebut, meskipun makanan tersebut belum berada di lantai lebih dari 5 detik.

1 komentar:

Summase Sanjaya said...

Namanya aja makanan jatuh, ya tidak ada yang jamin bebas kuman

Post a Comment